Tips Menghadapi Listening TOEFL

Tips Menghadapi Listening TOEFL

loading...
Jika Anda pernah mengikuti tes TOEFL, Anda pasti sudah tidak asing dengan bagian tes ini. Tes ini biasanya menjadi bagian pertama dari semua bagian yang harus Anda lewati. Ya, yang dimaksud dalam tulisan ini adalah tentang tes kemampuan mendengarkan percakapan atau yang biasa disebut Listening Comprehension.

Listening TOEFL bisa dikatakan sebagai bagian yang paling susah apalagi bagi orang yang jarang mendengarkan percakapan bahasa Inggris. Selain masalah intensitas dalam mendengarkan percakapan, hal yang membuat sulit lainnya adalah karena waktu yang diberikan sangat singkat. Dengan mempelajari ini, sekiranya dapat sedikit membantu mengatasi masalah Anda.



Secara umum, soal listening TOEFL terdiri dari 50 soal dan dibagi dalam tiga bagian (part) A, B, dan C dengan waktu pengerjaannya kurang lebih 40 menit. Artinya Anda hanya memiliki waktu sekitar 48 detik untuk mendengarkan dan menjawab soal. Belum lagi dipotong oleh lamanya waktu percakapan, maka Anda kira-kira hanya mempunyai waktu sekitar 10-15 detik untuk berfikir dan menjawab soal.

Baca juga:





Agar Anda berhasil lulus tes, Anda bisa mengikuti beberapa Tips Menghadapi Listening TOEFL berikut.



  1. Sebelum mengikuti tes, sebaiknya Anda menenangkan pikiran dan berdoa terlebih dahulu.

  2. Pada percakapan pendek, fokuskan pada narasi atau percakapan orang kedua. Biasanya kata kunci terletak pada percakapan orang kedua.

  3. Jika Anda tidak paham, jangan memilih jawaban yang mirip dengan apa yang Anda dengar karena biasanya itu adalah jebakan.

  4. Jangan sampai terkecoh dengan kata yang memiliki bunyi hampir mirip.

  5. Perhatikan kata sinonim antara soal dengan jawaban.

  6. Setelah selesai memilih jawaban, Anda cepat-cepat fokuskan pikiran Anda untuk soal selanjutnya.

  7. Apabila Anda tidak tahu sama sekali jawaban yang benar, harap segera isi dengan jawaban yang "kira-kira" benar dengan memperhitungkan poin 3 dan 4, karena tidak ada pengurangan skor apabila Anda salah.

Itulah beberapa Tips Menghadapi Listening TOEFL yang bisa Anda terapkan. Untuk melengkapi pengetahuan Anda, silahkan baca artikel lainnya tentang Tips Menghadapi Structure TOEFL dan Tips Menghadapi Reading TOEFL.
Advertisement

Baca juga:

loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar